-

Keunggulan Motor Yamaha V-ixion



Pendekatan teknologi masa depan sepeda motor komersial dimulai semakin jelinya masyarakat akan menilai setiap keunggulan yang dimiliki, walaupun harus merogoh kocek yang banyak. Motor di Indonesia sudah mengalami banyak perubahan. Dari perubahan zaman yang membawanya sampai perubahan teknologinya. Dulu orang mengenal sepeda motor sebagai alat transportasi yang memadai dan menaikkan gengsi. Sekarang sepeda motor ibarat istri, dipoles sani sini hingga jadi hueboh. Kami menilik sedikit tentang perkembangan teknologi dari Yamaha.
Pada april 2007 muncullah teknologi Yamaha 150cc Fuel Injeksi. Terlahir sebagai realitas sebuah mimpi untuk mempersembahkan motor masa depan yang Performance, Hi-Tech, Stylish, dengan performa yang hebat. Benar – benar sebuah revolusi Desain Baru. Motor mutakhir hasil karya seni teknologi para desainer Yamaha. Adalah kombinasi dari 2 (dua) kata, yang masing – masing memiliki makna sama, dengan visi utama Yamaha dalam memproduksi sepeda motor kualitas tinggi dan berteknologi masa depan : Performance, Hi-Tech, Stylish. 

VISION : 
Sebuah kata dalam bahasa Inggris yang mengandung makna, sesuatu yang harus dicapai dengan kerja keras.
XENON :
Sebuah kata bahasa Yunani yang memiliki makna, sama dengan VISION.

Dari kombinasi 2 (dua) kata tersebut, lahirlah nama VIXION yang secara resmi telah diluncurkan sebagai nama sepeda motor sport Yamaha paling ”Performance, Hi-Tech, Stylish”.
Sepeda motor sport dengan teknologi benar – benar baru untuk membangun dan memperkokoh semangat menjadi : "Semakin Di Depan"

Pengembangan mesin berperforma tinggi masa depan ini merupakan jawaban atas gejolak pengguna motor. Dengan beberapa keunggulan yang diterapkan di V-ixion diharapkan menambah image bagi pengguna supaya tampil Stylih. Teknologi engine injeksi adalah bentuk teknologi yang memudahkan kenyamanan berkendara, performa yang mantap dan siap beraksi.
Beberapa keunggulan pada V-ixion antara lain :

DiaSil Cylinder dan Forged Piston
DiaSil CylinderDiaSil Adalah singkatan dari Die Aluminium Silicon, yaitu material logam yang merupakan campuran aluminium dan silicon, sehingga material ini memiliki beberapa keungulan antara lain memiliki kemampuan pendinginan yang baik, ketahanan terhadap aus yang tinggi.

Keunggulan pengunaan Die Diasil Cylinder adalah sebagai berikut :
Ramah lingkungan, karena bukan mengunakan lapisan nikel total Die-Cast Aluminium (mudah didaur ulang)Proses dengan teknologi tinggi dan modern (proses otomatis)
Ekonomis, tidak menggunakan liner besi sehingga nilai produktivitasnya tinggi
Performa tinggi, antara lain ringan, pendinginan sempurna, meredam suara berisik, awet atau tidak mudah aus, pemakaian oli hemat
    DiASil Cylinder dibuat dengan proses Die Casting (cetak) bukan dengan Coated(lapisan) dapat dilihat gambar dibawah ini pelumasan “Elastic-Dynamic” pada permukaan DiASil Cylinder
    Selain itu DiASil Cylinder juga memiliki kemampuan pendinginan yang bagus hal ini dapat dilihat pada grafik dibawah ini, grafik ini menunjukkan permuakaan DiASil Cylinder suhunya lebih rendah dibandingkan Cylinder Aluminium dengan liner besi (conventional)
     

    Keuntungannya adalah :
    Bebas perawatan. saking kerasnya dinding DiASil Cylinder, efek pengikisnya banyak berkurang dibanding silender baja (berkurang 2 hingga 3 kali berdasar tes oleh yamaha).
    Makin irit bahan bakar. DiASil Cylinder merawat permukaan film oli secara ideal pada dinding silinder sehingga konsumsi bahan bakar berkurang. 

    Forged Piston 
    adalah piston yang dibuat dengan sistem forging (tempa). memiliki ketahanan yang tinggi dibanding piston konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi motor balap yang diaplikasikan ke moped. teknologi ini hanya dimiliki oleh yamaha dan indonesia adalah negara pertama yang menggunakannya.

    Keuntungannya menggunakan Forged Piston antara lain :

    Tahan lama, tidak mudah aus.
    Suhu muai lebih tinggi.
    Koefisien gesek lebih rendah.
    Berat piston lebih ringan.
    Menghasilkan ‘noise’ lebih kecil.
    Mencegah piston seizure (piston macet)
    Biaya produksi yang efisiensi lapisan timah berfungsi untuk mencegah piston baret sehingga terlihat “berkilau” walaupun bergesekan dengan dinding Cylinder.


      Dilengkapi dengan LC4V

      LC4V adalah singkatan dari Liquid Cooled Four Valve
      1. Liquid Cooled (Pendingin Cair)
      Liquid Cooled adalah Sistem pendinginan panas pada mesin yang menggunakan Pendingin cair tersebut dilewatkan pada komponen yang disebut sirip radiator. Cara kerja sistem radiator ini adalah panas dari mesin disalurkan ke Cairan-Sirip-Udara, berbeda dengan sistem pendingin konvensional yang hanya melalui Mesin-Sirip-Udara.
      Kelebihan dari sistem pendinginan cair antara lain :
      a. Lebih mumpuni ato bekerja lebih baik dalam menyerap panas daripada pendinginan konvensional karena tahapannya lebih banyak seperti harus melalui cairan untuk diteruskan ke Fin Radiator.
      b. Pada Sistem Pendinginan ini biasanya dilengkapi dengan Kipas yang terhubung pada sensor panas yang akan berputar apabila terjadi panas yang berlebih. Sistim pendinginan konvensional pada umumnya tidak dilengkapi dengan kipas ini sehingga pada saat kendaraan beroperasi dan berhenti dijalan panas terakumulasi dan bisa terjadi overheat atau panas berlebihan di komponen-komponen mesin.
      c. Membuat Motor terlihat lebih berisi (Tidak Kopong) sehingga dapat menunjang penampilan
      Para pembuat sepeda motor tentu saja tidak sembarangan dalam memberikan teknologi ini, biasanya sistim pendingin ini diberikan pada motor yang mempunyai Kompresi tinggi seperti Yamaha MX dan Vixion (10,4:1)yang memang mempunyai tingkat panas yang lebih tinggi dibanding motor yang mempunyai tingkat kompresi lebih rendah (9,5:1).

      2. Four Valve (Empat Katup)
      Four Valve ato empat katup adalah teknologi empat katup pada mesin yang terdiri dari 2 katub masuk dan 2 katup buang. Kelebihannya dibandingkan dengan yang hanya memiliki 2 katup adalah pasokan dalam hal bahan bakar dan gas buang yang lebih baik karenapada 4 katup sudah pasti katupnya memiliki payung kecil-kecil, sedangkan pada 2 katup payungnya besar2. Payung besar inilah yang ditengarai justru menghambat, oleh karena itu dirancanglah teknologi katup berpayung kecil. Kemudian agar dapat mengimbangi suplai seperti sebanyak tipe 2 katup berpayung besar, maka katup2 berpayung kecil tadi diperbanyak yaitu menjadi 4 katup (2 katup buang, 2 katup masuk). Kelebihan lainnya adalah pada saat mesin berada pada putaran tinggi gejala klep telat balik bisa diminimalkan.


      Engine SOHC 4 valve 4 stroke 150 cc,  Electronic Fuel Injection System

      Mesin dengan 4 katup pada teknologi Single Over Head Camshaft 150 cc. Dengan kemampuan ruang bakar itu mampu berjalan dengan berbandingan bensin per kilometer sebesar 1 : 40 - 50 km, 1 liter bensin bisa menempuh jarak 40-50 km setelah melalui uji drive. Type sport ini dipilih menggunakan teknologi Fuel Injeksi sebagai acuannya.
      Kelebihan dan kekurangan sistem injeksi bahan bakar ini adalah merupakan permasalahn yang bisa teratasi selama konsumen bisa menerimanya.

      Kelebihan :
      Campuran bensin dan udara selalu akurat karena menggunakan teknologi electronik (PGM FI)
      Pada motor injeksi, volume penyemprotan bensin selalu akurat karena dikontrol oleh ECU sesuai dengan masukan data dari sensor-sensor yang bertebaran di sekujur mesin. Seperti sensor rpm, jumlah udara masuk, posisi katup gas hingga kondisi cuaca di sekitar mesin. Bahkan pada kondisi pengendaraan tertentu seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol perbandingan bensin dan udara tetap ideal. Kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri yaitu mengurangi emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian bensin.

      Tarikan lebih responsif 
      Pada tipe karburator, antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh. Selain itu, perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. Sehingga tarikan menjadi kurang responsif. Sedangkan motor injeksi menempatkan pengabut bensin (injektor) dekat silinder. Saluran bensin yang menuju injektor bertekanan antara 2,5 s/d 3,0 kg/cm2 lebih tinggi dari tekanan intake manifold. Berhubung diameter mulut injektor sangat kecil, ketika sinyal listrik dari ECU mengaktifkan injektor maka bensin yang menyembur berbentuk kabut. Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang homogen serta perbandingan yang ideal. Dibantu mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna. Hasilnya tarikan lebih responsif sesuai perubahan katup gas.

      Mesin mudah dihidupkan tanpa dipengaruhi perubahan cuaca 
      Pada temperatur rendah (dingin), menghidupkan mesin berkarburator dibutuhkan campuran lebih gemuk dengan menarik cuk. Cara manual ini tak lagi diperlukan pada motor injeksi karena sudah dilengkapi sensor temperatur mesin serta sensor temperatur udara masuk. Saat menghidupkan mesin (starting) dan kondisi dingin, secara otomatis jumlah semprotan bensin ditambah. Sehingga mesin mudah dihidupkan dalam kondisi apapun dan tidak terpengaruh kondisi cuaca.

      Kelemahannya :
      Sistem injeksi buat motor mampu bekerja dengan baik karena didukung banyak komponen. Mulai dari sensor-sensor, perangkat elektris sampai otak komputer atau ECU. Karena perangkat motor injeksi sangat kompleks maka menimbulkan dampak negatif (kelemahan) antara lain :

      Harga lebih mahal
      Jika terjadi kerusakan, perbaikan lebih sulit
      Kerusakan kecil pada kelistrikan dapat mengakibatkan motor mati
      Sangat sensitif terhadap kotoran dan air yang ikut dalam bensin 
      Butuh alternator atau pembangkit listrik lebih besar

      Engine Balancer pada V-ixion


      Balancer keunggulan lain mesin Vixion, yang menyebabkan meminimalisir getaran mesin. Penerapan balancer ini membuat Vixion berani menggunakan hanya 3 engine-mounting (2 dicrankcase, 1 dihead). Jumlah ini lebih sedikit dari Jupiter MX yang memakai 4 engine-mounting (3 dicrankcase, 1 dihead) untuk memasangnya di rangka.

      Deltabox itu salah satu nama jenis sasis/rangka motor yang digunakan, sebenarnya nama aslinya itu Perimeter Frame, tapi sering disebut orang dengan istilah deltabox, sasis/rangka Perimeter ini paling banyak digunakan pada motor sport modern. Ada yang menyebut rangka jenis ini sebagai Twin Spar Frame. Konsep dasar desain rangka perimeter adalah memperpendek jarak antara setang setir dan lengan ayun, dengan tujuan agar segala macam efek-efek mekanika bahan pembuat rangka seperti elastisitas serta getaran akibat raungan mesin yang sedang dipacu dapat diminimalisasi sehingga dapat menambah ke kakuan (Rigidity) sepeda motor. Delta Box dibuat berdasarkan teori bahwa segitiga lebih kaku dibanding persegi, dengan menggunakan diagonal dari sudut atas yang digunakan untuk mengendara hingga sudut bawah yang mengayun, bingkai triangular melawan kotak rectangular sebagai tulan.


      5 Speed, Tipe Return

      Tipe Transmisi Constant Mesh 5-Speed/ Mechanical dengan Kopling Wet, Multiple-Disc. Yamaha V-ixion 5 percepatan dioperasikan layaknya motor sport. Penerapan ini berpengaruh terhadap konsumsi bensin yang lebih irit dari Jupiter MX, karena rpm tidak dibiarkan menggantung terlalu tinggi.


      Demikian semoga semakin menambah kecintaan kita terhadap produk Yamaha dengan semua keunggulannya, sehingga akan semakin rame khususnya pengguna motor Yamaha V-Ixion di Indonesia.
      Selanjutnya kita kembali kepada Yamaha Motor Kencana Indonesia dengan teknologi sepeda motor yang selalu berkelanjutan menemukan inovasi baru menemukan kepuasan. Yang jelas teknologi Yamaha V-Ixion yang sudah banyak di pakai oleh konsumen sudah sangat membanggakan. Yamaha Semakin Di Depan.

      Maju terus

      0 komentar:

      Poskan Komentar

       
      © Copyright 2010-2011 - All Rights Reserved.
      Template Design by Mahrus Blog | Published by Mahrus Lakar La Asiek | Powered by Blogger.com.